WAZE Luncurkan Fitur Baru Pendeteksi Wilayah Ganjil Genap

Jakarta - Dilansir dari Warta Kota, banyaknya perubahan arah, penutupan hingga pengalihan jalan yang terjadi selama perluasan Ganjil Genap Asian Games 2018 secara langsung mempengaruhi layanan aplikasi navigasi.

Tidak terkecuali Waze yang menggandeng Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk memperbaharui aplikasi.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menyebutkan kerjasama dengan pihak Waze telah terjalin sejak tahun 2015. Akan tetapi, kerjasama tersebut tidak bersifat terbatas, pihaknya sangat terbuka dengan seluruh pihak yang mendukung pembangunan Ibu Kota.

Pembaruan aplikasi Waze katanya berisi fitur navigasi terbaru yang telah dilengkapi dengan peta Ganjil Genap yang berlaku mulai dari masa uji coba hingga pelaksanaan Asian Games 2018, yakni 2 Juli hingga 2 September 2018. Tidak hanya itu, waktu navigasi dalam aplikasi pun menyesuaikan ketentuan, yakni selama 15 jam setiap hari, terhitung sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

"Fitur baru yang diluncurkan sejalan dengan ujicoba perluasan ganjil genap di Jakarta adalah bagian dari kerja sama untuk memberikan informasi kepada masyarakat, pengguna jalan; sehingga mobilitas masyarakat tetap dapat terselenggara dengan baik," papar Sigit.

Sementara itu, dalam siaran tertulis Waze, fitur Ganjil Genap dapat diakses melalui menu-setting lalu ke menu-navigasi. Selanjutnya pilih 'license plate restriction' dan masukkan dua digit terakhir nomor plat kendaraan pengguna. Kemudian secara otomatis Waze akan melakukan re-routing dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap Asian Games 2018.