Tips Memeriksa Kondisi Oli Mesin

Pengecekan oli mesin sangat penting dilakukan secara rutin atau di saat yang dibutuhkan — contohnya saat Anda akan mempersiapkan perjalanan panjang. Pengecekan rutin harus dilakukan minimal satu kali setiap bulan untuk memastikan agar tidak terjadi kerusakan dan keausan pada mobil anda yang dapat mengakibatkan pengeluaran yang besar.

Mengecek oli mesin sangat mudah, cukup parkir mobil anda pada permukaan datar dan matikan mesin anda. Tunggu hingga mesin dingin, buka kap mesin dan amankan bonnet.

Lalu cari dipstick. Ujung dipstick biasanya berbahan plastik dan berwarna cerah seperti kuning atau putih. Jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa buku manual.

Bagaimana cara mengecek kondisi oli mobil?
Keluarkan dipstick. Warna oli tidak menunjukkan kondisi dan kualitas oli. Sebaliknya, periksalah bau oli. Jika oli anda memiliki bau yang tajam, hal ini menunjukkan oli mesin perlu diganti.

Bagaimana cara mengecek tinggi oli?
Keluarkan dipstick dan bersihkan dengan kain atau tisu. Carilah tanda tinggi dan rendah pada dipstick. Masukkan kembali dipstick yang telah dibersihkan, kemudian tarik keluar. Periksa tinggi oli, jika tinggi oli di bawah tanda rendah, itu berarti Anda perlu menambah oli.