V-KOOL Info: SINAR ULTRA VIOLET DAN KACA FILM V-KOOL

Spektrum cahaya adalah bagian dari spektrum elektromagnetik yang memiliki rentang panjang gelombang yang berbeda-beda dari energi matahari. Energi matahari dibedakan menjadi  3 jenis cahaya baik tampak maupun tak tampak yaitu ultra violet, cahaya tampak dan sinar infra merah. Kira-kira sekitar 44% radiasi energy matahari yang diterima oleh bumi dalam bentuk cahaya  tampak, 53% dalam bentuk infra merah dan sisanya sebesar 3% dalam bentuk cahaya ultra violet.

Cahaya tampak
Visible Light (Cahaya tampak, 380 – 770 nanometers)
Merupakan satu-satunya bagian dari spectrum cahaya yang tampak oleh mata telanjang. Cahaya ini sangat sangat berguna bagi kehidupan makhluk di atas bumi. Dengan cahaya ini kita dapat menghemat energy yang dibutuhkan untuk penerangan dalam suatu ruangan.

Ultra Violet:
Ultraviolet menjadi penyebab mata letih, katarak, kanker kulit, penuan dini dan pemudaran warna jika terpapar dalam jangka panjang. Tediri dari:
UV A (320 – 400 nanometers)
UV B (290 – 320 nanometers)
UV C (290 – 290 nanometers)
Visible Light (Cahaya tampak, 380 – 770 nanometers)

Infra Red (Infra merah)
Di atas 700 nanometers cahaya datang dalam bentuk tak tampak di mana kita tidak dapat melihatnya tetapi hanya dapat merasakannya sebagai panas. Dampak infra red adalah pembawa radiasi panas ke bumi kita

Kaca Film yang Baik adalah Kaca film yang mampu mengurangi panas sinar infra merah dan radiasi ultra violet semaksimal mungkin, serta tetap mempertahankan cahaya tampak.