10 Makanan Ini Paling Cocok Dinikmati Saat Hujan, Ada Favoritmu?

Memasuki musim penghujan, cuaca berubah menjadi sangat dingin. Hal ini menjadikan tubuh kita rawan terserang penyakit. Tak hanya itu, kita jadi cepat lapar dari biasanya. Nah, di musim-musim seperti inilah kita ingin menyantap makanan-makanan hangat dan menyegarkan.

1. Tongseng

Tampilan tongseng sekilas mirip dengan gulai atau rawon. Yang membedakannya adalah aroma dan bumbunya yang sangat kuat.

Selain itu, daging yang disajikan berbeda. Kalau tongseng, dagingnya masih melekat dengan tulang. Tongseng dianggap sebagai makanan khas Jawa Tengah, khususnya di daerah Solo.

2. Cap Cay

Makanan yang terdiri dari aneka sayuran ini nikmat banget lho. Tak hanya sehat karena memiliki banyak sayuran dan ikan yang nikmat, cap cay membangkitkan energi tubuh.

Cap cay bisa disajikan dengan kuah maupun goreng. Jangan lupa pakai acar ya!

3. Gulai

Makanan berbahan dasar daging ini sangat pas menemanimu menikmati hujan. Disantap pakai nasi atau tidak, kenikmatan gulai tak akan tergantikan. Dijamin gak cukup seporsi.

4. Kwetiau

Masakan Tionghoa ini memang juara banget. Bukan hanya kaum Tionghoa yang menggemarinya, masyarakat Indonesia juga menggandrungi olahan mie lembut ini. Kwetiau berkuah atau goreng sama-sama bikin kita gak berhenti ngunyah.

5. Bakmi Godog

Mie godok alias mie rebus. Olahan khas Jawa ini juga menjadi primadona saat hujan. Rasanya nikmat dan gurih, dengan kekayaan bumbu khas Indonesia. Kamu bisa menemuinya di kuliner pinggir jalan.

6. Ramen

Mie khas Jepang ini sangat populer di Indonesia. Rasanya pas di lidah dengan bumbunya yang khas, siap bikin kita ketagihan. Paling enak disantap saat masih panas. Badan kita pun akan terasa hangat dan bugar.

7. Tom Yum

Tom Yum merupakan sup yang berasal dari Thailand. Olahan makanan ini terdiri dari udang, ayam, ikan, jamur, dan seafood. Kebayang gak kelezatannya?

8. Laksa

Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Tionghoa dan Melayu. Kuliner ini lebih banyak ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Kuahnya sangat kental, pas banget dengan paduan aneka daging di dalamnya. Yummy!

9. Macaroni Kuah

Bentuknya mirip sayur sop. Terdiri dari wortel, baso, macaroni, kentang, dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan kol atau kubis sesuai selera. Selain sehat, macaroni kuah bakal jadi moodboster kamu setelah kehujanan.

10. Sop Buntut

Siapa yang tak kenal primadona satu ini? Hampir semua orang menyukainya. Sesuai namanya, sop ini terdiri dari ekor sapi yang lezat. Perpaduan daging dan sayuran bakal memanjakan lidah pecinta kuliner.

Hhhmmm...jadi laper, kan?! Kamu paling suka yang mana nih?