Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Pasang Alat Pemadam Api Ringan Di Mobil

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan guna berjaga-jaga mencegah terjadinya kebakaran terhadap mobil adalah dengan memasang sebuah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam kabin mobil.

Namun harus diingat, dalam pemasangannya APAR tidak boleh dipasang secara sembarangan, ada beberapa lokasi yang paling ideal guna menyimpan alat pemadam kebakaran ringan ini didalam ruang kabin mobil, disamping itu selain penempatan yang ideal, penggunaan braket atau dudukan APAR yang mudah untuk dilepas atau quick release sangat disarankan.

Untuk lokasi pemasangan atau peletakan APAR sendiri pun disesuaikan dengan besar kecilnya tabung alat pemadam yang kalian gunakan, jika alat pemadam tersebut hanya berukuran sangat kecil sekecil tabung spray yang hanya memiliki kapasitas 500ml hingga 1000ml bisa dipasangkan di bagian laci mobil, dibagian kolong jok mobil kursi penumpang depan, maupun bisa ditaruh dibagian kolong jok paling belakang Sedangan untuk APAR yang berukuran besar seperti APAR 3 kg, anda bisa menyimpannya di bagian kolong jok kursi penumpang bagian depan maupun di bagian kolong jok paling belakang.

Selain itu, Anda wajib cek masa berlaku APAR yang dipasang di mobil. Pada tabung kemasan APAR biasanya terdapat tanggal masa berlaku untuk menjelaskan usia pakai cairan ataupun bubuk pemadam api yang terdapat di dalamnya. APAR yang habis masa berlakunya atau sudah kadaluarsa biasanya daya semprot dan fungsi cairan pemadam api yang keluar akan berkurang.

Jika masa berlaku sudah habis, Anda bisa mendatangi toko yang melayani penggantian ataupun membeli APAR baru. Sehingga ketika saatnya dibutuhkan, APAR dapat bekerja dengan baik.