6 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Ketika Puasa

Meskipun kita berpuasa kegiatan sehari-hari harus jalan terus, sehingga kita perlu asupan  nutrisi yang cukup. Kebanyakan masyarakat kita kadang sangat berlebihan dalam menyikapi waktu berbuka puasa atau sahur, apalagi biasa nya dalam bulan Ramadhan menu buka puasa atau pun sahur dibuat lengkap .

Meskipun sahur dilakukan ketika kita lagi enak tidur, bukan berarti menu makanan sahur bisa seadanya. Menu sahur sangat lah penting karena akan sangat menetukan energi yang akan kita dapatkan dalam menjalani kegiatan seharian.

1. Hindari teh dan kopi
Biasanya orang sahur ingin yang hangat-hangat kopi atau teh sebaiknya dihindari, kalau ingin yang hangat bisa diganti dengan susu atau yang lainnya. Dua minuman tersebut merupakan jenis minuman diuretik yang menyebabkan Anda sering buang air kecil (kencing). Teh dan kopi termasuk dalam diuretik, artinya dapat menyebabkan sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh juga akan cepat berkurang dan dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Tidur siang minimal 30 menit
Tidur siang saat puasa tidak hanya ampuh mengusir kantuk. Ada banyak manfaat tidur siang saat puasa salah satunya, saat tubuh mulai terasa kurang fit, cobalah untuk tidur siang sejenak. Manfaat tidur siang saat puasa diketahui dapat membantu tubuh melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

3. Tidur Lebih Awal, Istirahat yang Cukup
Terkadang, yang membuat lesu dan lemas saat bulan puasa tak hanya perkara makan dan minum, tetapi tidur yang tak cukup. Apalagi, Toppers mungkin harus bangun lebih pagi dari biasanya untuk menyiapkan sahur. Untuk itu, tidurlah lebih awal selama bukan Puasa agar kebutuhan istirahat tercukupi sehingga terbebas dari lesu dan lemas selama menjalankan ibadah puasa keesokkan harinya.

4. Sahur jelang imsak
Perbanyak minum air putih jelang waktu imsak. Dengan begitu, tubuh dapat menyimpan cadangan air dalam waktu yang lebih lama.

5. Tetap Berolahraga
Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga saat berpuasa juga akan menjaga tubuh untuk tetap fit dan tidak mudah lesu dan lemas saat menjalankan puasa. Pilihlah olahraga-olahraga ringan dan berada di dalam ruangan untuk menghindari tubuh kekurangan terlalu banyak cairan saat berolahraga.

6. Konsumsi sayur dan buah
Perbanyak makan sayur dan buah buahan yang bermanfaat untuk menghindari konstipasi  atau sembelit, selain itu juga dapat banyak memberi kesegaran pada tubuh karena buah buahan dan sayuran itu banyak mengandung elektrolit.